JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peran Guru IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui 4 Pilar Pendidikan di SDN Padende Kecamatan Donggo Kabupaten Bima

Amrin, Amrin (Unknown)
Hidayat, A. Gafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam pembentukan karakter siswa; (2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, subjek penelitian diambil dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Peran guru IPS dalam membina karakter religius peserta didik melaui empat pilar pendidikan dalam, sebagai berikut: (1) Guru IPS mengintegrasikan pembelajaran dengan kosep 4 pilar pendikan yaitu nilai rasa ingin tahu, disiplin, social dan tanggung jawab dengan cara memotivasi dan menasehati; (2) Penjelasan tentang empat pilar pendidikan oleh guru, menggunakan analogi dan istilah sederhana, agar mudah dipahami oleh siswa. Sedangkan strategi guru membina karakter peserta didik, dapat disimpulkan beberapa hal yaitu; (1) Peserta didik dibiasakan untuk membudayakan 3S (senyum, salam, sapa) di lingkungan sekolah, dan merawat kebersihan lingkungan sekolah untuk membina karakternya; (2) Penulisan di dinding-dinding kelas kalimat motivasi dan 4 pilar pendidikan dan Siswa di biaskan untuk berliterasi, membaca buku diperpustakaan, baik buku pelajaran maupun non pelajaran agar wawasan siswa menjadi luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...