MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Variabel Melalui Pendekatan Kontekstual Di SMP

Lili Idah Sufrah (Unknown)
Ahmad Sukri Nasution (Unknown)
Nurdalilah Nurdalilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD di SMP Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan pendekatan kontekstual yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, mengetahui kualitas LKPD berdasarkan penilaian ahli, 2 Dosen Matematika dan 3 Guru Matematika. Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi Menurut Paidi, dalam metode EDDIE terdapat 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate. Karena keterbatasan waktu, maka tahapan penelitian pengembangan ini meliputi Analisis dan Perancangan. LKPD dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pendekatan kontekstual, yaitu Konstruktivisme, Asking, Investigating, Learning Society, Modeling, Reflecting, dan Actual Assessment. Produk ini dikembangkan melalui beberapa tahapan revisi berdasarkan masukan dari reviewer, peer reviewer, guru matematika. Kualitas LKPD SMP kelas VIII Materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan kontekstual berdasarkan expert judgement berada pada kategori baik dengan persentase ideal sebesar 82,85%. dan sangat positif. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, SPLDV, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kontekstual SPLDV. LKPD

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...