Abstrak: Penelitian ini merupakan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD di SMP Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan pendekatan kontekstual yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, mengetahui kualitas LKPD berdasarkan penilaian ahli, 2 Dosen Matematika dan 3 Guru Matematika. Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi Menurut Paidi, dalam metode EDDIE terdapat 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate. Karena keterbatasan waktu, maka tahapan penelitian pengembangan ini meliputi Analisis dan Perancangan. LKPD dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pendekatan kontekstual, yaitu Konstruktivisme, Asking, Investigating, Learning Society, Modeling, Reflecting, dan Actual Assessment. Produk ini dikembangkan melalui beberapa tahapan revisi berdasarkan masukan dari reviewer, peer reviewer, guru matematika. Kualitas LKPD SMP kelas VIII Materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan kontekstual berdasarkan expert judgement berada pada kategori baik dengan persentase ideal sebesar 82,85%. dan sangat positif. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, SPLDV, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kontekstual SPLDV. LKPD
Copyrights © 2021