YUME : Journal of Management
Vol 5, No 1 (2022)

Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terdahap Loyalitas Pelanggan

Siti Rahma Sari ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Medi Nopiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Abstrak Perkembangan  bisnis  di  pasar  global  semakin  meningkat,  membuat persaingan di antara pelaku usaha juga semakin ketat. Di satu sisi, denga pasar global memperluas pasar produk, di sisi lain keadaan tersebut menimbulkan persaingan yang semakin tajam, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat kesadaran bagi produsen untuk dapat memanfaatkan peluang bisnis potensial bagi perusahaan. Salah satu fenomena perubahan besar terjadi yang cukup menarik muncul dari moderitas masyarakat kota saat ini adalah aktivitas masyarakat dalam berbelanja baik untuk kebutuhan konsumsi ( ketubuhan primer) maupun kebutuhan lainnya (kebutuhan sekunder). Dalam bisnis ritel, Manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) penting untuk memanfaatkan dan guna memperkuat tiga variabel diatas jelas akan membawa adanya perbedaan antara promosi dan pelayanan yang ada, preferensi dan loyalitas pelayanan yang dapat membawa  perubahan  pangsa  pasar  lebih  besar,  terlebih  aktivitas  perusahaan hubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat dimana tingkat pesaing sangat tinggi. secara parsial  bahwa variabel Promosi memiliki pengaruh negative  terhadap kepuasan pelanggan-0,92 > 1,98 dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 dengan kontribusi pengaruh besar Kualitas pelayanan juga sama berpengaruh  terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi pengaruh besar.   Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,378 > 1,98  dan nilai signifiskan lebih > 706 dengan kontribusi pengaruh besar kualitas pelayanan juga sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.  Secara simultan dengan variabel promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan senilai 0,91 < 2,68. Kata Kunci: Promosi, Kualitas, Pelanggan 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...