Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 3, No 2 (2021) : Jambura Edu Bisofer Journal (JEBJ)

TINGKAT DEGRADASI KAWASAN HUTAN MANGROVE (STUDI KASUS DI DESA BAJO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO)

Hajra Paune (Departmen of Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo)
Dewi Wahyuni K Baderan (Departmen of Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo)
Abubakar Sidik Katili (Departmen of Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat degradasi kawasan hutan mangrove di Desa Bajo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode transek garis. Transek garis dibuat tegak lurus garis pantai dengan panjang transek garis 100 m yang dibagi menjadi 3 petak/kuadran dengan ukuran petak masing-masing 20 x 20 meter untuk kelompok pohon, 10 x 10 meter untuk kelompok pancang dan 5 x 5 untuk kelompok pohon. bibit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran analisis struktur vegetasi tipe mangrove ditemukan tujuh spesies tumbuhan mangrove di Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, yaitu Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Ceriops decandra, Ceriops tegal, Bruguiera gymnorizha, Avicennia alba. , dan Sonneratia alba. Sedangkan hasil analisis kerusakan ditemukan bahwa kondisi kawasan hutan mangrove di Desa Bajo, Boalemo termasuk dalam kategori rusak (jarang) karena kerapatan mangrove 1000 ind/ha dengan jumlah pohon sebanyak 112 pohon/ha. Selain itu, berdasarkan tingkat kekritisan lahan mangrove dan metode formula tidak termasuk dalam kategori rusak sedang (54,45).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...