JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Vol 6, No 2 (2022): Maret 2022

ANALISIS PROSES BERFIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PjBL

Melinda Rismawati (STKIP Persada Khatulistiwa)
Anita Sri Rejeki Hutagaol (STKIP Persada Khatulistiwa)
Olenggius Jiran Dores (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara daring menjadi pilihan model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi. Selama pandemic ini, siswa mengalami banyak kesulitan terutama belajar matematika secara online. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk menjelaskan proses berfikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PjBL. Data dikumpulkan melalui pemberian tes, wawancara tidak terstruktur serta dokumentasi kepada 3 siswa dengan tingkat kognitif tinggi dilihat dari hasil belajar dan juga rekomendasi guru. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi, data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi, serta penarikan kesimpulan. Proses berfikir siswa  , ,dan  dalam menyelesaikan soal matematika PjBL dengan langkah start with the essensial question, design a pland for the project, create a schedule, monitor the students and the progress, assess the outcome and evaluate the experience.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in ...