Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA

Yohanes Bare (Universitas Nusa Nipa)
Mansur S (Universitas Nusa Nipa)
Mira Kurniawati (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran jarak jauh yang dapat diakses hanya dengan menggunakan  internet. Persepsi guru dan siswa  terhadap media pembelajaran Google Classroom ini dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa maupun guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran Google Classroom, persepsi guru dan siswa pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kualitatif merupakan penelitian yang temuan-temuannya tidak melalui statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Google Classroom di SMAN 2 Maumere sangat membantu dalam pengecekan kehadiran dan keaktifan siswa, membantu siswa dalam melihat materi dan tugas yang sudah dikirimkan oleh guru dan dapat mengerjakan semua tugas yang diberikan selama pembelajaran daring. Pemahaman guru dan siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom terdapat sedikit perbedaan, sebagian siswa dan guru memahami aplikasi Google Classroom dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, tanpa ada kendala apapun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...