Journal of Education Research
Vol. 2 No. 1 (2021): March 2021

Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu

Selviana Sasmiati Nur (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Iska Noviardila (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Learning cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literature. Tahapan kajian literature ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 artikel dari tahun 2010-2020 tentang model Learning Cycle dan hasil belajar didapat 1 artikel yang sesuai dengan judul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dilakukan peneliti tentang pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar, didapat peningkatan hasil perhitungan thitung sebesar 9,46 dan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 1% adalah 2,44. thitung ≥ ttabel, atau 9,46 ≥ 2,44. Maka dapat disimpulkan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...