cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
mfauziddin@gmail.com
Editorial Address
Jalan Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Education Research
ISSN : -     EISSN : 27460738     DOI : https://doi.org/10.37985
Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. It is intended to be the journal for publishing original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education. All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two reviewers through the blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal. Journal of Education Research is research and Community services related to education, include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution, development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in education and various fields related education.
Articles 120 Documents
Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat Maisarah, Ayu; Mahmud, Muchammad Eka; Saugi, Wildan
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.553 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain plastisin tanah liat pada anak kelompok B2 di TK IT Salsabila Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Aspek-aspek yang dinilai dalam kemampuan kreativitas anak yaitu aspek kelancaran, orisinalitas, keluwesan, dan kerincian. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui media plastisin tanah liat pada pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III terjadi peningkatan, pada pra siklus diperoleh angka sebesar 9% dengan kategori Belum Berkembang (BB)  atau kurang, siklus I diperoleh angka sebesar 27% dalam kategori Belum berkembang (BB) atau kurang, siklus II naik menjadi 47% dalam kategori Mulai Berkembang (MB) atau cukup, sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan menjadi 93% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSH). Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain plastisin tanah liat dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini
Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Anhusadar, La Ode; Islamiyah, Islamiyah
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/joe.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi pendidik PAUD pada KB Nur’ain di Kabupaten Wakatobi.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah Kelompok Bermain Nur’ain di Mola Selatan Kecamatan Wangi-wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Ada dua sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni: data primer dan data sekunder. Teknik yang dapat digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga ini memiliki guru dengan pendidikan rata-rata setingkat SMA, hanya satu guru yang menyelesaikan pendidikan S1 pada program studi Pendidikan Agama Islam. Guru-guru di lembaga ini kurang mengikuti pelatihan terkait bidang pendidikan dan pengajaran yang digelutinya. Padahal standar PAUD mengharuskan pendidik PAUD menamatkan Pendidikan Sarjana/S1 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Psikologi serta memiliki beberapa kompetensi yang disyaratkan.
Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menangani Anak yang Masih Ditunggu pada Jam Belajar Shofiyah, Halimatu; Purnama, Sgit
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.465 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i1.3

Abstract

Kerja sama antara orang tua dan guru sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak dan membantu mengatasi hambatan belajar anak di sekolah. Penelitian kualitatif-deskriptif ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi anak selalu ditunggu pada jam belajar dan menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama orang tua dan guru dalam mengatasi masalah tersebut di Kelompok A TK Pertiwi 39 Bulu Jetis Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor utama yang mempengaruhi anak masih ditunggu orang tua pada jam belajar, antara lain: trauma, kurangnya percaya diri, dan takut dengan lingkungan baru. (2) Bentuk kerja sama antara guru dan orang tua, antara lain: saling terbuka mengenai perilaku anak, selalu memberikan motivasi, mengambil hati anak, membuat hati anak senang, dan melalui 3 tahap penungguan
Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak Suradinata, Nadia Intan; Maharani, Ega Asnatasia
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.279 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita berbantu media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak di PAUD Terpadu Bakti Baitussalam Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa TK A berusia 4-5 tahun sebanyak 28 orang anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 14 orang anak. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Berdasarkan analisis data diperoleh indeks perbedaan atau nilai t = -7,691 dan sig 2 tailed 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan berupa metode bercerita berbantu media boneka tangan. Terdapat dua aspek berbicara yang meningkat secara signifikan yaitu aspek penguasaan kosakata dan lafal ucapan.
Kesiapan Belajar Anak melalui Jurnal Pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta Lailiyah, Ulfah; Nuraini, Febritesna
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.819 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i1.5

Abstract

Anak yang memiliki kesiapan dengan baik akan memiliki banyak keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar anak melalui kegiatan jurnal pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak kelas A di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Objek pada penelitian ini adalah kesiapan belajar anak melalui jurnal pagi pada kelompok A di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi anak berupa check-list. Analisis penelitian ini menggunakan teknik data reduction, data display, dan conclusion drawing/veification Hasil penelitian kelompok A menunjukan kesiapan belajar melalui jurnal pagi menunjukan nilai positif pada diri anak, hal ini terlihat dari (1) Munculnya minat belajar anak, yang cukup baik anak mampu menyelesaikan kegiatan (2) Minat yang bertahan, anak yang mengikuti kegiatan jurnal pagi mampu bertahan sampai pembelajaran usai, (3) peningkatan belajar, terlihat saat kegiatan pembelajaran aspek-aspek perkembangan mampu berkembang dengan baik
Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata Fauziddin, Mohammad; Fikriya, Makhyatul
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.434 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab pada anak usia dini melalui permainan kartu huruf Hijaiyah yang dilengkapi dengan kosakata bahasa arab. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek sejumlah 18 anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui teknik prosentase. Hasil penelitian diperoleh melalui permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata mampu menarik perhatian anak sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif sehingga berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab terutama kosa kata bahasa arab yang ada pada kartu. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan mengenal bahasa Arab pada anak usia dini.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru Ningsih, Era Kurnia; Fitria, Happy; Fitriani, Yessi
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.196 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri terhadap kinerja guru SMP/MTs Negeri dan Swasta di kecamatan Sanga Desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 132 orang yaitu guru PNS, guru tidak tetap, dan guru honorer di SMP/MTs negeri dan swasta di Kecamatan Sanga Desa. Sampel penelitian sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; (2) konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; dan (3) kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa
Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek Pujianto, Pujianto; Arafat, Yasir; Setiawan, Andi Arif
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.353 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 30 orang yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri jalur 8 Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur 8 Air Salek Banyuasin; (2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur 8 Air Salek Banyuasin, dan (3) supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur 8 Air Salek Banyuasin
Evaluasi Hasil Pembelajaran Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point Marlina, Erlin; Ahmad, Syarwani; Eddy, Syaiful
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.824 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tahapan proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan media Power Point pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam; (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui media Power Point; (3) mengetahui cara membuat media pembelajaran Power Point menjadi menarik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis TIK Power Point Interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gardu Harapan. Prosedur pengembangan produk yang dilakukan peneliti melalui media pembelajaran menggunakan media Power Point dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi gaya. Prosedur pengembangan menggunakan Research and Devlopment (R&D) teori dari Bord and Gall dengan 10 langkah pengembangan produk, yaitu Analisis Kebutuhan dengan mengungkapkan Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produk Masal
Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Nenggolan, Rusmiyati; Alim, Melvi Lesmana; Joni, Joni
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.595 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i2.10

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah jurnal, buku, dan sumber lainnya yang bersifat kepustakaan atau telaah untuk memecahkan suatu masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan metode pengamatan dengan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, ditemukan Kegiatan Mozaik dari bahan kain perca dapat menstimulasi motorik halus anak sehingga terampil dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri seperti mengancingkan baju, memasang tali sepatu, menulis dan lainnya. Anak yang terlatih motorik halusnya akan dengan mudah menciptakan suatu karya dengan baik dan melakukan kegiatan lainnya secara mandiri

Page 1 of 12 | Total Record : 120