Journal of Education Research
Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. It is intended to be the journal for publishing original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education. All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two reviewers through the blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal. Journal of Education Research is research and Community services related to education, include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution, development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in education and various fields related education.
Articles
201 Documents
Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat
Ayu Maisarah;
Muchammad Eka Mahmud;
Wildan Saugi
Journal of Education Research Vol. 1 No. 1 (2020): June 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/joe.v1i1.1
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain plastisin tanah liat pada anak kelompok B2 di TK IT Salsabila Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Aspek-aspek yang dinilai dalam kemampuan kreativitas anak yaitu aspek kelancaran, orisinalitas, keluwesan, dan kerincian. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui media plastisin tanah liat pada pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III terjadi peningkatan, pada pra siklus diperoleh angka sebesar 9% dengan kategori Belum Berkembang (BB)Â atau kurang, siklus I diperoleh angka sebesar 27% dalam kategori Belum berkembang (BB) atau kurang, siklus II naik menjadi 47% dalam kategori Mulai Berkembang (MB) atau cukup, sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan menjadi 93% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSH). Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain plastisin tanah liat dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini
Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus
Rusmiyati Nenggolan;
Melvi Lesmana Alim;
Joni Joni
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/joe.v1i2.10
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah jurnal, buku, dan sumber lainnya yang bersifat kepustakaan atau telaah untuk memecahkan suatu masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan metode pengamatan dengan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, ditemukan Kegiatan Mozaik dari bahan kain perca dapat menstimulasi motorik halus anak sehingga terampil dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri seperti mengancingkan baju, memasang tali sepatu, menulis dan lainnya. Anak yang terlatih motorik halusnya akan dengan mudah menciptakan suatu karya dengan baik dan melakukan kegiatan lainnya secara mandiri
Peniruan Bunyi dalam Novel Magic Hour Karya Tisa Ts dan Stanley Meulen
Eva Eri Dia;
Adistia Azara Ramadhani
Journal of Education Research Vol. 3 No. 4 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v3i4.101
Penelitian dengan judul Kajian Semantik : Peniruan Bunyi Dalam Novel Magic Hour Karya Tisa TS dan Stanley Meulen. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui jenis peniruan bunyi, (2) mengetahui makna dari peniruan bunyi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini Novel Magic Hour, sedangkan data penelitian ini berupa berupa satuan gramatikal yang berwujud kata atau kalimat yang mengandung onomatope. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menganalisis jenis dan makna peniruan bunyi yang terdadapat dalam novel Magic Hour.
Pengaruh Kegiatan Montase terhadap Kreativitas Usia Dini
Ranti Raudatul Jannah Ranti;
Rakimahwati Rakimahwati
Journal of Education Research Vol. 3 No. 4 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v3i4.104
Latar belakang penelitian ini adalah anak meniru media yang ada saat mengembangkan kegiatan yang ditawarkan, anak masih belum mengetahui cara mengembangkan ide baru dan belum berani mencoba hal yang kreatif, anak kurang semangat dan minat dalam kegiatan bermain. Masih minimnya kegiatan baru yang bisa mendorong kreativitas anak. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh kegiatan perakitan terhadap kreativitas anak usia dini di TK Pertiwi Koto Hilalang. Hasil analisis data eksploratif menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre serta post test berdistribusi normal dan homogen. nilai sig (2-tailed) adalah 0.040˂0.05, jadi Ho diterima serta Ha ditolak. Dari sini bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas perakitan peneliti pada kelas eksperimen dengan aktivitas montase pada kelas kontrol.
Pesan Moralitas Dalam Lagu Hanya Rindu Karya Andmesh Kamaleng
Erwin Setyawan;
Yohanes Probo;
Teguh Hidayatul R
Journal of Education Research Vol. 3 No. 4 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v3i4.106
Penelitian ini bertujuan menelaah denotasi, konotasi, dan mitos pada lagu Hanya Rindu karya Andmesh kamelang. Implementasi Pendekatan kajian mengenai tanda merupakan bentuk pembelajaran bagaimana kita menggali dan menemukan makna yang tersirat pada video klip dalam lagu tersebut dalam kajian semiotika. Pola pendekatan yang dipakai dalam analisis deskriptif ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber Penelitian ini adalah keutuhan seluruh tayangan video klip yang ada dalam lagu hanya rindu karya Andmesh. Data adalah teks lagu yang terdapat denotasi, konotasi dan mitos. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan Teknik analisis dengan Teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengambilan potongan- potongan video klip yang kemudian dianalisis dalam kajian semiotika Roland Barthes menunjukkan bahwa adanya pesan moral yang tampak dalam lagu tersebut, yakni bahwa kehidupan semakin bermakna dan bernilai bila di isi oleh tindakan yang selalu menghadirkan kebaikan, dalam doa, perhatian dan apapun yang dapat dilakukan untu terus memaknai hidup yang dijalani.
Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Anak
Cindy Fadilla;
Yulsyofriend Yulsyofriend
Journal of Education Research Vol. 3 No. 4 (2022): December 2022
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v3i4.107
Penelitian ini dilatarbelakangi belum bervariasinya penggunaan media dalam kegiatan menyampaikan cerita untuk mengembangkan keterampilan untuk bicara. Hal ini terlihat ketika anak belum dapat menangkap isi cerita, mengulang kembali isi cerita, media yang dipakai pada kegiatan menyampaikan cerita kurang memiliki daya tari untuk anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh metode menyampaikan cerita memakai boneka tangan akan keterampilan berbicara anak di TK Wahana Harapan Bangsa 1 Kota Padang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre-test serta post-test berdistribusi normal dan homogen. Nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Jadi Ho diterima dan Ha ditolak. Dari sini bisa bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara metode bercerita dengan boneka tangan di kelas eksperimen dengan metode bercerita dengan gambar di kelas kontrol.
Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Herlinda Herlinda;
Happy Fitria;
Yenny Puspita
Journal of Education Research Vol. 1 No. 2 (2020): September 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/joe.v1i2.11
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pengetahuan guru terhadap media berbasis TIK di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, 2) Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menggunakan media berbasis TIK di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan dan keterampilan guru di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi terhadap media TIK dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, sudah cukup sebesar 30% (3 orang) dan baik sebesar 70% (7 orang), dan 2) Keterampilan guru di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi dalam menggunakan media berbasis TIK menunjukkan bahwa guru sudah menguasai keterampilan komputer, khususnya pada program Microsoft Office sebesar 100% (10 orang).
Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa
Rahma Krisnawati;
Akbar Ilmiawan Syahputra;
Faj'rina Diva Luthfiyyah;
Ucik Nurmawati
Journal of Education Research Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v4i1.110
Tahun 2020, Indonesia digemparkan fenomena Pandemi Covid-19. Hal tersebut menyebabkan perubahan tatanan aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Fenomena tersebut membuat peralihan sistem pembelajaran di Indonesia yang awalnya pembelajaran berbasis tatap muka menjadi pembelajaran daring. Setiap perubahan suatu sistem pasti memiliki dampak yang ditimbulkan, seperti kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. SDM yang berkualitas hanya bisa didapatkan dengan adanya pendidikan yang bermutu mutu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring tersebut terhadap kualitas SDM siswa di MAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa MAN 3 Kediri dengan sampel penelitian perwakilan kelas XII MIPA MAN 3 Kediri angkatan 2023 dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumen, dan angket (kuisioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MAN 3 Kediri memiliki dampak negatif yang cukup signifikan terhadap 4 tolak ukur kualitas SDM, yakni produktivitas, sikap dan perilaku, komunikasi, dan hubungan.
Hubungan Interaksi Langsung dan Tidak Langsung (Media Gadget) terhadap Karakter Pelajar Pancasila
Fania Putri Aprelia;
Hadyan Bintang Madarina;
Ersa Tis'atul Fitria Mayasari;
Ucik Nurmawati
Journal of Education Research Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v4i1.111
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan interaksi sosial pada remaja di Desa Kepung yang sering berkomunikasi menggunakan gadget daripada berinteraksi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menyeimbangkan interaksi sosial pelajar antara interaksi secara langsung maupun tidak langsung yakni melalui gadget agar tidak menghilangkan karakter jiwa Pancasila. Karakter ini diwujudkan dengan adanya interaksi sosial para pelajar Desa Kepung untuk mempersatukan remaja-remaja berdasarkan sila ke-3 Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan peran pelajar Desa Kepung dalam pembentukan karakter pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data berdasarkan angket dan observasi. Penelitian ini menghasilkan tumbuhnya jiwa pelajar Pancasila pada remaja desa kepung dengan seimbangnya interaksi secara langsung maupun melalui gadget. Pelajar mengerti pentingnya menyeimbangkan keduanya agar tidak mengganggu pembentukan karakter. Karakter jiwa pancasila ini penting bagi pendidikan pelajar.
Online Shop sebagai Upaya Membantu Perekonomian Keluarga pada Era Pandemi
Eni Nur Alifah;
Ajeng Retno Kinasih;
Najwa Dian Aulia;
Annisa Larasati Sumali
Journal of Education Research Vol. 4 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37985/jer.v4i1.112
Salah satu pekerjaan yang menjadi populer disaat pandemi yaitu online shop. Online shop menjadi jalan alternatif bagi mereka yang kehilangan pekerjaan ketika pandemi, agar dapat membantu perekonomian yang sedang menurun. Tidak hanya bagi orang dewasa, bahkan remaja sekolah menengah atas pun juga ikut andil dalam membantu ekonomi keluarga yang sedang menurun. Tujuan dari artikel ini yaitu peneliti bermaksud ingin mendeskripsikan upaya usaha online shop yang dilakukan oleh siswa Man 3 Kediri dan mengetahui dampak usaha online terhadap perekonomian keluarga. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang memiliki cara untuk mendeskripsikan tentang data yang telah didapatkan oleh peneliti. Pendeskripsian ini menggunakan teknik wawancara beserta penyebaran kuesioner kepada siswa Man 3 Kediri. Peneliti menganalisis data ini dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Hasil dari pendeskripsian tersebut dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan siswa man 3 Kediri yang berjualan online dapat membantu ekonomi keluarga yang sedang menurun.