Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang rendahnya nilai kejujuran dalam belajar. Adanya peserta didik yang kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang. 2) Mendeskripsikan karakter jujur peserta didik. 3) Menguji seberapa besar kontribusi kegiatan mentoring terhadap pembentukan karakter jujur peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling yaitu sebanyak 56 orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori cukup baik. 2) karakter jujur peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori tinggi. 3) Besarnya kontribusi dalam pembentukan karakter jujur peserta didik sebesar 38%. Artinya 62% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk itu direkomendasikan kepada mentor (guru) untuk melakukan inovasi terhadap teknik atau metode dalam mengevaluasi program mentoring sehingga peserta didik mampu mengaplikasikan karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2021