Journal of Education Research
Vol. 2 No. 4 (2021): December 2021

Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik

Muhammad Iqbal (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)
Weni Yulastri (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)
Joni Adison (Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang rendahnya nilai kejujuran dalam belajar. Adanya peserta didik yang kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang. 2) Mendeskripsikan karakter jujur peserta didik. 3) Menguji seberapa besar kontribusi kegiatan mentoring terhadap pembentukan karakter jujur peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling yaitu sebanyak 56 orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori cukup baik. 2) karakter jujur peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori tinggi. 3) Besarnya kontribusi dalam pembentukan karakter jujur peserta didik sebesar 38%. Artinya 62% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk itu direkomendasikan kepada mentor (guru) untuk melakukan inovasi terhadap teknik atau metode dalam mengevaluasi program mentoring sehingga peserta didik mampu mengaplikasikan karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...