Bermain Konstruktif adalah cara bermain yang bersifat membangun, membina, memperbaiki, dimana anak-anak menggunakan bahan untuk membuat sesuatu yang bukan untuk bertujuan bermanfaat, melainkan ditujukan bagi kegembiraan yang diperolehnya dari membuatnya, yang mana dalam permainan ini menggunakan media balok untuk meningkatkan kognitif anak. Dimana di TK Muslimat Kedungwaru menerapkan bermain konstruktif yang masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model bermain kontruktif dengan media balok di TK Muslimat Kedungwaru Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di TK Muslimat Kedungwaru. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model bermain konstruktif dengan media balok di TK Muslimat Kedungwaru, anak diberikan kebebasan dalam mengekspoitasikan kemampuan dalam menyusun balok sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi anak serta daya fikir secara kreatif dan inovatif untuk menyusun balok-balok warna tersebut sesuai dengan kemampuannya.
Copyrights © 2022