JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 1: April 2022

Adaptasi Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Pagersari Mungkid Magelang

Alfan Biroli (Universitas Trunojoyo Madura)
Ankarlina Pandu Primadata (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal 2020, telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Perubahan cara pembelajaran di institusi pendidikan. Perubahan tersebut membuat setiap insan pendidikan harus beradaptasi. Penelitian ini melihat bagaimana proses adaptasi yang dilakukan oleh guru, siswa dan orang tua siswa pada pembelajaran tatap muka pada masa pandemic Covid-19 di MI Muhammadiyah Pagersari, Mungkid, Magelang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi deskripsi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitan menunjukkan bahwa adaptasi pembelajaran ddilakukan oleh guru, siswa dan orangtua siswa dengan meningkatkan protocol kesehatan yang ketat selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...