Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No.2 (2022) : April

Penerapan Perangkat Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Teori Komunikasi Terhadap Minat Belajar Mahasiswa

Yuniar Sakinah Waliulu (Universitas Pattimura)
Citra Fathia Palembang (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Proses belajar mengajar berani telah dilakukan dalam kurun waktu dua tahun sejak pandemi. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19. Namun proses pembelajaran dari rumah dinilai kurang efektif, terlihat dari ketidakmampuan mahasiswa memahami materi yang dilakukan oleh dosen khususnya pada teori komunikasi dan validasi dengan menurunnya nilai akhir mahasiswa dalam dua tahun terakhir. Solusi dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan perangkat tambahan yaitu e-modul berbasis flipbook yang dapat diakses menggunakan ponsel kita setiap saat, tidak hanya pada saat perkuliahan. E-modul yang dirancang tidak hanya berisi teks dan gambar, tetapi disertai dengan video pembelajaran,sehingga meningkatkan mahasiswa untuk meningkatkan minat belajar dan mendalami materi dari teori dasar mata kuliah komunikasi. Meningkatkan minat belajar mahasiswa dan memudahkan penyampaian materi yang lebih mudah dilihat dari hasil evaluasi melalui angket yang dibagikan kepada mahasiswa di akhir perkuliahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...