Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 5 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu pada Kurikulum 2013 (Survey pada Guru SD di Kabupaten Sumedang)

Rachmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dessy Susanty (Unknown)
Anindhita Pitaloka (Unknown)
Viesta Virgina (Unknown)
Fierda Widya Pristi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Tuntutan penerapan pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tidak jarang ditemukan guru yang masih mengesampingkan sub komponen dari setiap langkah dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu kurikulum 2013 di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survei melalui instrumen angket yang melibatkan 30 peserta guru SD di Sumedang. Analisis data bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada tahap pendahuluan dengan baik yang menunjukkan persentase 65,56%; (2) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah inti dengan baik yang menunjukkan persentase 59,16%; (3) Guru SD melaksanakan pembelajaran terpadu pada langkah penutup dengan baik yang menunjukkan persentase 73,9%; Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa guru SD di Sumedang melaksanakan pembelajaran terpadu pada kurikulum 2013 dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...