Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2022)

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan

Martha Wida Kusuma Dewi (Institut Pendidikan Indonesia)
Reni Nuraeni (Institut Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk mengorganisasi pikiran matematika, mengomunikasikan gagasan matematika secara logis dan jelas kepada orang lain, menganalisis dan mengevaluasi pikiran matematika dan strategi yang digunakan orang lain, dan menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide-ide secara tepat. Pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika kenyataannya harus didukung pula oleh aspek afektif yang turut berperan memberikan kontribusi terhadap keberhasilan belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy pada materi Perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah lima orang siswa kelas VII di Desa Karangpawitan. Teknik sampling yang digunakan, yaitu teknik simple random sampling dengan kriteria pengambilan subjek disesuaikan dengan ketersediaan siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis, wawancara, dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat self-efficacy memengaruhi tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. Mathematical communication skills are the ability to organize mathematical thoughts, communicate mathematical ideas logically and clearly to others, analyze and evaluate mathematical thoughts and strategies used by others, and use mathematical language to express ideas appropriately. The importance of mathematical communication skills in learning mathematics, in fact, must be supported also by affective aspects which also contribute to the success of one's learning. This study aims to analyze how mathematical communication skills in terms of self-efficacy in Comparative material. This research is a qualitative research. The research subjects were five seventh grade students in Karangpawitan Village. The sampling technique used is simple random sampling technique with the criteria for taking the subject according to the availability of students. The instruments used are written test questions, interviews, and questionnaires. From the results of the study, it was concluded that the level of self-efficacy affects the level of students' mathematical communication skills.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...