Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar sebanyak 30 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling lalu dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah yang diambil 2 dari masing-masing kelompok sehingga jumlah subjek penelitian menjadi 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data (triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan dari ketiga kelompok yaitu kesalahan membaca masalah penyebabnya adalah siswa tidak fokus. Kesalahan memahami masalah penyebabnya adalah siswa lupa menuliskan hal yang diketahui dari soal dan tidak memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Kesalahan transformasi masalah penyebabnya adalah siswa tidak mampu menuliskan pemisalan, tidak bisa membuat model matematika, dan tidak memahami metode yang seharusnya digunakan. Kesalahan ketrampilan proses penyebabnya adalah siswa tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, dan akibat dari kesalahan sebelumnya. Kesalahan penulisan jawaban akhir penyebabnya adalah siswa lupa menuliskan jawaban akhir, dan tidak terbiasa membuat kesimpulan. Jenis kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 33,3%. Penyebab kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah siswa lupa menuliskan jawaban akhir sebesar 30,9%.
Copyrights © 2022