JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 7, No 1 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SDN INPRES SANGIANG WERA

Ihsan Ihsan (Unknown)
Andy Eddy (Unknown)
Syafruddin Syafruddin (Unknown)
Mustika Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students teams Achievements Divisions) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Inpres Sangiang Wera. Model pembelajaran STAD adalah salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan cara membagi peserta didik dalam beberapa kelompok kecil dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda agar saling bekerjasama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran (Huda, 2015).Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Inpres Sangiang Wera yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan tehnik pengumpulan datanya melalui hasil tes dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data dengan cara pretest dan postest, dan tehnik analisis data dengan data kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan Dalam pelaksanaan penelitian ini terlebih dahulu peneliti memberikan pre-test pada kelas kontrol maupun eksperimen, setelah itu peneliti memberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelompok, dalam proses pembelajarannya dan merekap hasil yang didapatkan oleh kedua kelompok berdasarkan post-test kemudian dianalisis untuk mengetahui perbedaan penggunaan kedua model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Inpres Sangiang Wera Hal ini dapat dibuktikan hasil uji t (statistik independent sample t test) dengan bantuan IMB SPSS 25. terlihat bahwa =5,324 > = 2,086. Jadi nilai lebih besar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...