Ecopreneur.12
Vol 5, No 1 (2022): April 2022

PENGARUH SOCIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO ROTI AIS PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ratna Ekasari (Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo)
M. Fitrah (Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh social media terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh social media dan word of mouth secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga yang berada di desa ketegan sepanjang sidoarjo dengan populasi sebesar 100 warga. Jumlah sampel penelitian sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa social media secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 3,543 > ttabel 2,007 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,394 > ttabel 2,007 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 20,451 > Ftabel 3,18 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan attau bersama-sama variabel social media dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,440. Artinya kedua variabel social media dan word of mouth secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 44,0% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 56,0% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecopreneur

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ecopreneur.12 menfasilitasi penelitian bagi para dosen Khususnya di fakultas ekonomi dalam melakukan proses publikasi ...