cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Ecopreneur.12
ISSN : 26143968     EISSN : 26156237     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur.12 menfasilitasi penelitian bagi para dosen Khususnya di fakultas ekonomi dalam melakukan proses publikasi ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 98 Documents
PENGARUH CRM DAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Donny Arif
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.372

Abstract

Dengan semakin tumbuhnya minat dan kebutuhan masyarakat untuk berasuransi di Indonesia saat ini telah menjadikan perusahaan asuransi sebuah usaha yang potensial untuk dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang asuransi baik dari sektor asuransi kerugian maupun sektor asuransi jiwa dan berkembangnya beberapa produk asuransi baru yang potensial sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan judul penelitian, pokok permasalahan, tujuan penelitian, rumusan hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan Customer Relationship Management (CRM) pada PT. Asuransi Wahana Tata Sales Office Surabaya Tunjungan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Kualitas layanan pada PT. Asuransi Wahana Tata Sales Office Surabaya Tunjungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Artinya, semakin baik kualitas layanan yang diberikan oleh PT, Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pada PT. Asuransi Wahana Tata Sales Office Surabaya Tunjungan. Kata Kunci: CRM, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
PENGARUH FASILITAS, LOKASI DAN BIAYA TERHADAP KEPUTUSAN WALI MURID DALAM MEMILIH PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Wulan Purnamasari
Ecopreneur.12 Vol 1, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i1.193

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah fasilitas, lokasi, dan biaya berpengaruh terhadap keputusan wali murid dalam memilih jasa pendidikan TK Permata Hati Kedungturi. Populasi pada penelitian ini adalah alumni wali murid yang menyekolahkan anaknya di TK Permata Hati Kedungturi. Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak, adapun kriteria pengambilan sampel adalah responden yang sudah merasakan kinerja TK Permata Hati Kedungturi. Dalam isi kuisioner identitas responden dibagi menjadi 4 bagian yaitu jenis kelamin, usia responden, pendidikan terakhir, dan pekerjaan responden. Untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji T dan uji F melalui program SPSS 017, yang berguna untuk menguji variabel independent dan terikat, baik secara parsial maupun simultan. Analisis uji T dan uji F bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan atau tidak signifikan. Model penelitian yang digunakan adalah regresi berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Y = 1,371 + 0,046X1 + 0,069X2 + 1,014X3 Diketahui bahwa variabel independent yang bertanda positif. Dari analisis uji T semua variabel independent berpengaruh terhadap keputusan memilih jasa pendidikan. Dan hasil uji F secara simultan bahwa variabel fasilitas, lokasi, dan biaya berpengaruh terhadap keputusan untuk memilih jasa pendidikan.
PENGARUH DARI UPAYA PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DARI SEKTOR PAJAK HOTEL DAN PAJAK PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI BPPD KABUPATEN SIDOARJO Setiawan Setiawan
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.364

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari hasil upaya peningkatan penerimaan pajak daerah dari sektor pajak hotel dan pajak parkir terhadap PAD di BPPD Kabupaten Sidoarjo tahun 2014–2018. Penelitian menggunakan data laporan realisasi penerimaan pajak daerah. Data digambarkan menggunakan statistik deskriptif, di analisis dengan regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis melalui uji koefisien determinasi dan juga uji f. Penelitian menunjukkan (1) Pajak Hotel berpengaruh signifikan terhadap PAD, karena pajak hotel diketahui memiliki nilai sig 0,031 < 0,05. (2) Pajak Parkir tidak berpengaruh sig terhadap PAD, hal itu dibuktikan dengan nilai sig yang dimiliki oleh pajak parkir yakni sebesar 0,772 > 0,05. (3) Pajak Hotel dan juga Pajak Parkir secara simultan berpengaruh serta sig terhadap PAD, ditunjukkan dari nilai F hitungnya lebih besar dari F tabel yaitu 71,371 > 19,00 dengan tingkat sig 0,014 < 0,05.
SISTEM PEMERIKSAAN SPT TAHUNAN PPh KEMBALI POS DALAM RANGKA INTENSIFIKASI PAJAK DI KPP “S” Alvien Gunawan
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.374

Abstract

Pajak adalah penerimaan Negara yang paling utama, yang digunakan untuk membiayai pengeluaran umum Negara. Sistem pemungutan pajak di Indonesia adalah Self Assessment Sistem, yang artinyabahwa wajib pajak diberi wewenang untuk menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah pajaknya yang terutang selama satu tahun pajak. Sedangkan fiskus hanya bertugas untuk memberikan pelayanan, pengawasan, dan pembinaan terhadap wajib pajak, karena pada hakekatnya wajib pajak lebih mengetahui seberapa besar penghasilan yang dia peroleh sehingga dapat menghitung berapa pajak yang harus dibayarnya. Penelitian dilakukan di KPP “S” dengan mengumpulkan data yang berupa dokumen. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan wawancara dan diolah dengan metode deskriptif dan kuantitatif.Di KPP “S”, pendistribusian SPT kepada wajib pajak dilakukan oleh pihak ke tiga yang dalam hal ini adalah kantor pos. Jumlah SPT yang dikirim pada tahun 2008, 2009, 2010 adalah secara berturut-turut 1.688, 10.724, 23.807. Sedangkan jumlah SPT yang diterima pada tahun 2008, 2009, 2010 adalah secara berturut-turut 1.288, 7.725, 13.699. Dapat disimpulkan bahwa dengan terlaksananya pendistribusian SPT yang baik akan mengakibatkan jumlah wajib pajak yang melapor semakin banyak. Apabila jumlah wajib pajak yang melapor semakin banyak, maka akan berpengaruh kepada peningkatan jumlah penerimaan pajak dan dapat menunjang pencapaian target penerimaan pajak. Kata kunci: Self Assessment, SPT, mengawasi, penerimaan dan target penerimaan pajak
PENGARUH LOKASI, INOVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KEBUN COKLAT CAFE & RESTO DI BALONGBENDO KAB. SIDOARJO Ratna Ekasari
Ecopreneur.12 Vol 1, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i1.194

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah Lokasi, Inovasi dan Kualitas Pelayanan dapat mempengaruhi Loyalias Konsumen. Karena dengan adanya Lokasi, Inovasi dan Kualitas Pelayanan akan dapat memunculkan rasa loyalitas pada konsumen. Dalam penelitian ini, hipotesis yang digunakan penulis yaitu diduga bahwa Lokasi, Inovasi dan Kualitas Pelayanan dapat mempengaruhi Loyalitas Konsumen secara positif dan signifikan. analisis perhitungan Regresi linier berganda sebesar Y = 1,504 – 0,000 X1 + 0,390 X2 + 0,253X3 + e, mempunyai arti semua variabel penelitian mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel tergantung.
INTENSITAS KEBUTUHAN KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN LPG 3 KG MELALUI DUKUNGAN SYSTEM APPLICATION AND PRODUCT IN DATA PROCESSING (SAP) DALAM MELAKUKAN KEBIJAKAN SUPPLY. Donny Arif; M. Eddy Rosidi; Nuning Nurna Dewi
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, label halal, distribusi terhadap minat beli bumbu masak Miwon di Kecamatan Driyorejo Gresik. Populasi penelitian ini ialah konsumen bumbu masak Miwon di daerah Driyorejo dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 80 responden. Analisis data penelitian ini ialah regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli nilai regresi 0,668 dan tingkat signifikansinya 0,000. Label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai regresi 0,341 dan tingkat signifikansinya 0,002. Distribusi berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat dengan nilai regresi 0,326 dan tingkat signifikansinya 0,009. Kualitas produk, Label halal, Distribusi secara simultan berpengaruh secara positif dengan nilai f hitung 34,252 lebih besar dari nilai f tabel 2,72 dan tingkat signifikansinya 0,00lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh variabel kualitas produk, label halal, distribusi mampu mempengaruhi variabel minat beli ulang sebesar 57,5% dan sisanya 42,5% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas produk, Label halal, Distribusi, Minat beli
PENGARUH KOMPENSASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN ORGANIZATIONAL BEHAVIOR CITIZENSHIP (OCB) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT LAZIZA CHICKEN & PIZZA Eddy Rosidi, Isa Madjid, Nuning Nurna Dewi
Ecopreneur.12 Vol 1, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i1.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, gaya kepemimpinan dan OCB terhadap kinerja karyawan yang dilakukan pada 45 karyawan Laziza Chicken&Pizza di Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Pengujian analisis jalur menunjukkan bahwa kompensasi berpegaruh positif terhadap OCB, Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap OCB, Kompensasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, OCB berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, dan kepemimpinan berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan.
EVALUASI PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 PADA KARYAWAN TETAP Gatot Hariadi; Nikma Yucha; Isa .Madjid; Soenarto .
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.375

Abstract

Pajak ialah kewajiban dan peran aktif setiap warga negara untuk membiayai sebagian kebutuhan negara, misalnya: pembangunan nasional diatur oleh Undang-Undang serta berbagai peraturan pajak di Indonesia. Pada Pasal 1 UU Pajak Penghasilan, Pajak Penghasilan ialah pajak yang diperuntukkan bagi subyek pajak terhadap penghasilan yang diperolehnya ditahun pajak. Perhitungan PPH pasal 21 pada karyawan berstatus tetap yang gaji netto-nya melebihi PTKP menurut PT. Yoel Tricitra Anugerah sebesar Rp. 8.650.000. Hasil perbandingan menurut Undang-undang pajak penghasilan No. 46 Tahun 2008 sebesar Rp. 8.728.000. Kata Kunci : Pajak, Penghasilan pasal 21
FINANCIAL DISTRESS, KINERJA KEUANGAN DAN MANAJEMEN TURNOVER PERUSAHAAN PUBLIK DI BEI TAHUN 2011-2015 Nikma Yucha
Ecopreneur.12 Vol 1, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i1.195

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh financial distress dan kinerja keuangan terhadap manajemen turnover perusahaan publik tahun 2011-2015. Model dalam penelitian regresi logistik dengan data panel sebanyak 88 perusahaan sebagai sampel. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress, current Asset dan Return On Asset adalah positif signifikan terhadap manajemen turnover. Sedangkan variabel DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen turnover perusahaan go public yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015.
PENGARUH IKLAN, KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BBM DI SPBU COCO 51.601.108 MASTRIP SURABAYA Ratna Ekasari; Wulan Purnamasari; Mukti Ali
Ecopreneur.12 Vol 1, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/econ12.v1i2.367

Abstract

Pasar global menjadikan bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) semakin marak dan bersaing karena semakin banyak perusahaan pengisian bahan bakar dari luar negeri yang masuk dan beroperasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap keputusan pembelian BBM DI SPBU COCO 51.601.108 Mastrip Surabaya. Sampel penelitian ini sebanyak 60 responden dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 0,550. Kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai masing-masing sebesar 0,027 dan 0,002. Dan secara simultan ketiga variabel bebasnya berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 0,0005 terhadap keputusan pembelian yang artinya bahwa semakin baik iklan, kualitas pelayanan dan fasilitas maka keputusan pembelian akan semakin meningkat. Kata kunci : pengaruh iklan, kualitas pelayanan, fasilitas, keputusan konsumen

Page 1 of 10 | Total Record : 98