Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Profil Pemahaman Konsep Limit Fungsi Mahasiswa Calon Guru Kategori Berkemampuan Matematika Tinggi

Saleh Saleh (Universitas Halu Oleo)
I Ketut Budayasa (Universitas Negeri Surabaya)
Agung Lukito (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah mahasiswa calon guru dari Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO, penentuannya didasarkan pada hasil TKM. Data penelitian yang valid dan kredibel dijadikan bahan dalam melakukan analisis secara komprehensif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian yang disajikan berdasarkan kategori adalah: (1) merepresentasikan suatu masalah dalam limit fungsi, ST memiliki konsistensi dalam menjelaskan pemahamannya terkait penyajian suatu masalah kontekstual yang dapat direpresentasikan dalam konsep limit fungsi, (2) definisi limit fungsi, ST menuliskan definisi limit fungsi baik secara intuisi maupun formal, (3) dekonstruksi definisi limit fungsi, ST menuliskan beberapa komponen atau unsur pembangun definisi  limit fungsi, (4) pembedahan fungsi ditinjau dari ada atau tidak punya limit di suatu titik tertentu, ST memberikan contoh dan menjelaskan suatu fungsi mempunyai limit atau tidak di suatu titik tertentu, (5) evaluasi suatu algoritma limit fungsi, ST menunjukkan kesalahan algoritma dari penyelesaian soal limit fungsi yang diberikan dan menunjukkan sifat yang benar, (6) penerapan prinsip limit fungsi, ST menyelesaikan soal yang diberikan dengan cara menunjukkan apakah fungsi tersebut mempunyai limit kiri, limit kanan dan besar nilai sama, dan (7) eksistensi limit fungsi, ST mengidentifikasi unsur limit, melakukan perencanaan dan eksekusi pembuktian, dan memberikan kesimpulan atau konklusi pembuktian tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...