Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 18, No 1 (2022): Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION

Rosdiana Rosdiana (Unknown)
Muh. Dahlan (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dengan menggunakan   model   pembelajaran   Problem   Based   Introduction.   Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan Siklus II terdiri atas dua kali pertemuan dengan ketuntasan minimal, yaitu 75,00. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menganalisis struktur teks persuasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone berjumlah 22 orang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data siklus I dan siklus II diketahui nilai rata -rata yang diperoleh siswa dalam menganalisis struktur teks persuasi meningkat. Pada siklus I ketidak tuntasan siswa sebesar 77,27%, sehingga nilai rata-rata siswa sebesar 60,68 (kurang mampu), pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,68 (mampu), ketuntasan siswa yang dicapai sebesar 86,36%. Aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 65% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 100% (sangat baik). Aktivitas mengajar guru siklus I sebesar 70% (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 96% (sangat baik).KATA KUNCI: Menganalisis; struktur teks persuasi; Problem Based Introduction IMPROVING THE ABILITY STUDENTS  TO ANALYZE THE STRUCTURE OF PERSUASION TEXT USING THE PROBLEM BASED INTRODUCTION LEARNING MODEL  ABSTRACT: This study aims to improve the ability to analyze the structure of persuasive texts in class VIII SMP Negeri 1 Mare, Bone Regency by using the Problem Based Introduction learning model. This research method is classroom action research (CAR). This research was carried out in two cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely; planning, implementation, observation, and reflection. Cycle I and Cycle II consisted of two meetings with a minimum completeness of 75.00. The subject of this research is the ability to analyze the structure of the persuasion text of class VIII B students of SMP Negeri 1 Mare, Bone Regency totaling 22 people using the Problem Based Introduction learning model. Data analysis techniques were carried out quantitatively and descriptive statistics. Based on the results of data analysis cycle I and cycle II, it is known that the average value obtained by students in analyzing the structure of persuasive texts increases. In the first cycle the student's incompleteness was 77.27%, so the average score of students was 60.68 (low ability), in the second cycle the average value increased to 85.68 (able), the student's completeness achieved was 86, 36%. Student learning activities in the first cycle was 65% (enough) and the second cycle increased to 100% (very good). The teacher's teaching activity in the first cycle was 70% (enough) and the second cycle increased to 96% (very good).KEYWORDS: Analyzin;, persuasive text structure; Problem Based Introduction

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FON

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan media publikasi ilmiah (artikel dan hasil penelitian) pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia. FON diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. FON ...