EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam
Vol. 8 No. 2 (2021): EKSYAR : Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam

Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis dalam Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan

Dela Astria (STAI Muhammadiyah Tulungagung)
Mei Santi (STAI Muhammadiyah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Whatsapp business adalah suatu aplikasi gratis yang ada di playstore,whatsapp business ini bisa digunakan untuk perpesanan hanya menggunakan internet. Aplikasi whatsapp business ini juga bisa untuk mengirim gambar, video, audio, file, dan bahkan dapat melakukan panggilan video dan juga panggilansuara secara gratis asalkan terhubung dengan internet. Manfaat dari whatsapp business yaitu sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan di dalam dunia bisnis. Penelitian ini dilakukan pada Mia Bakery Jl. Adil 25B Rt 01 Rw 02 Lingkungan 10, desa Ngunut, Kec. Ngunut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipemanfaatan applikasi whatsapp bisnis dalam strategi pemasaran online untukmeningkatkan jumlah penjualan di Mia Bakery Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini yaitu deskriptif yang tidakmenggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif yaituberupa kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber dan prilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kesamaan antara teori dan praktikdalam proses penjualan dengan menggunakan applikasi whatsapp business dan peningkatan penjualan setelah menggunakan whatsapp business yang di lakukan oleh Mia Bakery.

Copyrights © 2021