Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 3, No 1 Apr (2022)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tk An nur Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Kerang

Junaedah Junaedah (Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Makassar)
Rahmatiah Rahmatiah (Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya meningkatan Kemampuan Kognitif Anak TK An nurKelompok B Melalui Kegiatan Bermain Kerang”. Berawal dari adanya permasalahan yang ditemukan pada Taman kanak-kanak An nur Bontomarannu yakni kemampuan kognitif anakyang masih rendah diantaranya kemampuan mengenal angka dan berhitung maka penulis melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas melalui praktek pembelajaran. Praktek pembelajaan dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahdengan menggunakan media kerang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak melaluikegiatan bermain kerang pada Taman Kanak-kanak An nur Bontomarannu. Kegiatan bermain kerang mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik TK An nur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatanbermain kerang (mengelompokkan, berhitung dan membentuk angka dari kulit kerang) pada Taman Kanak-kanak An nur. Peningkatan ini ditunjukkan dengan data peserta didik dengan kategori penilaian berkembang sesuai harapan mencapai 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain kerang di Taman Kanak-kanak An nur Bontomarannu.Kata Kunci: Kemampuan kognitif, TK An Nur, Kerang

Copyrights © 2022