Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi-materi IPS. Salah satu faktor penyebabnya adalah guru kurang mengembangkan media pembelajaran. Dengan penggunaan media dalam pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis Macromedia flash, peserta didik diharapkan mampu memiliki wawasan luas dan persepsi yang semakin tajam dan mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Depelopment. Research and Depelopment adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan diuji keefektifannnya. Tahapan yang dilakukan peneliti selama pengembangan media pembelajaran IPS berpedoman pada teori pengembangan intructional dengan pendekatan model ADDIE, yang merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPS dengan materi kegiatan berada pada kategori sangat menarik. Hal ini terbukti dari hasil angket responden pada uji coba lapangan menunjukan bahwa media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi kegiatan sejarah mencapai persentase sebesar 82,5%.
Copyrights © 2022