Industrial Engineering Online Journal
Vol 10, No 3 (2021): WISUDA PERIODE JULI TAHUN 2021

PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN MOBIL TANGKI DALAM PROSES DITRIBUSI BBM PADA PT PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG

Shara Bilqis Akhlissa (Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jalan Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Arfan Bakhtiar (Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jalan Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

AbstrakIntegrated Terminal Semarang merupakan salah satu unit operasi PT Pertamina (Persero) yang beroperasi di wilayah Marketing Operation Region IV. IT Semarang menggunakan mobil tangki sebagai moda transportasi untuk mendistribusikan produk BBM ke SPBU. Kebutuhan masyarakat terhadap transportasi yang meningkat akan mempengaruhi jumlah kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berujung pada peningkatan kegiatan distribusi di Terminal BBM. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kenaikan jumlah kebutuhan mobil tangki di Terminal BBM. Jumlah mobil tangki yang terlalu banyak mengakibatkan biaya pengangkutan BBM terlalu tinggi, sedangkan jumlah mobil yang terlalu sedikit dapat mengakibatkan kurangnya alokasi waktu untuk memenuhi permintaan konsumen. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah kebutuhan mobil tangki yang optimal yaitu metode cluster dan metode proporsional. Berdasarkan hasil perbandingan kedua metode tersebut, penggunaan metode proporsional akan lebih efisien dan menghasilkan tingkat utilitas tinggi dengan hasil sebanyak 115 unit mobil tangki dengan peningkatan ritase sebesar 2,03 rit/hari yang dapat mengoptimalkan proses distribusi BBM dan memenuhi kebutuhan konsumen.Kata Kunci: mobil tangki, cluster, proporsional, ritaseAbstractIntegrated Terminal Semarang is one of the unit operations of PT Pertamina (Persero) which is operating in the area of Marketing Operation Region IV. IT Semarang using a tank car as a mode of transportation to distribute petroleum products to gas stations. The needs of the community against the increasing of transport will affect the amount of demand for fuel oil which resulted in increased activities of distribution in the fuel terminal. This will certainly affect the increase in the number of car needs a tank at fuel terminals. The number of the car the tank is too much result in the cost of fuel transportation are too high, while the number of cars too little can result in a lack of time allocation to meet consumer demand. The method used to determine the amount of the needs of the car the tank is optimal i.e. the cluster method and the method of proportional. Based on the results of the comparison of the two methods, the use of the method of the proportion will be more efficient and produce a level of high utility with the outcome as much as 115 unit tank car with increased ritase equal to 2.03 rit/day which can optimize the process of distribution of fuel and meet the needs of consumers.Keywords: tank car, cluster, proportional, ritase

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ieoj

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

INDUSTRIAL ENGINEERING ONLINE JOURNAL adalah Karya Ilmiah S1 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang memuat tulisan ilmiah dan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah, analisis dan pemecahan permasalahan di Industri yang erat hubungannya dengan bidang Ilmu Teknik ...