Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen
Vol 7, No 1 (2022): Februari

PENGARUH IN–STORE DISPLAY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (SURVEY PADA KONSUMEN INDOMARET di PONOROGO)

Alifah Amelia Robikayati (Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Hadi Sumarsono (Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

 ABSTRACT The main purpose of this research is to find out how the influence of in-store display and price discount on impulse buying with the intervening variable is positive emotion on consumers of Indomaret in Ponorogo. The population in this study were all consumers of Indomaret in Ponorogo. The sampling technique in this study uses non-probability sampling. The type of sampling used is accidental sampling, to determine the number of samples in this study using the Lameshow formula, so that the results are 97.6 then rounded to 100 respondents. The data in this study used primary data, where the researchers distributed questionnaires for data collection. The results show that the in-store display variable has an effect on impulse buying. The price discount variable has no effect on impulse buying. The positive emotion variable has an effect on impulse buying. The in-store display variable has an effect on positive emotion. The price discount variable has an effect on positive emotion. Positive emotion variable can mediate between in store display and impulse buying. Positive emotion variable can mediate between price discount on impulse buying. ABSTRAKTujuan utama penelitian ini untuk menganalisisi pengaruh in–store display dan price discount terhadap impulse buying dengan variabel intervening adalah positive emotion pada konsumen Indomaret di Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen Indomaret Ponorogo. Non probability sampling adalah cara yang digunakan dalam menentukan sampel. Jenis pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental Sampling, untuk penentuan jumlah untuk sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lameshow, sehingga mendapatkan hasil 97,6 kemudian dibulatkan menjadi 100 responden. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dimana peneliti menyebar kuesioner untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel in store display berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Variabel price discount tidak berpengruh secara tidak signifikan terhadap impulse buying. Variabel positive emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Variabel in store display berpengaruh signifikan terhadap positive emotion. Variabel price discount berpengaruh signifikan terhadap positive emotion. Variabel in store display berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening. Variabel price discount berpengaruh terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening. 

Copyrights © 2022