Jurnal Akuntansi dan Pajak
Vol 23, No 1 (2022): JAP : Vol. 23, No. 1, Februari 2022 - Juli 2022

ANALISIS FUNDAMENTAL DAN PENILAIAN SAHAM GUNA KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2017-2019)

Nurhayati Nurhayati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Yulistia Devi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Ghina Ulfah Saefurrohman (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nur Wahyu Ningsih (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Saham merupakan insturmen investasi yang sangat popular di era saat ini. Terlebih lagi saham dapat memberikan keuntungan yang sangat besar dibanding dengan instrumen investasi lainnya. Namun saham juga tidak terlepas dari yang namanya resiko investasi. Oleh sebab itu perlu dilakukan berbagai strategi sebelum melakukan pembelian saham agar dapat terhindar dari resiko berinvestasi saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive dengan kriteria perusahaan konstruksi yang konsisten terdaftar di DES dan membagikan dividen kepada pemegang sahamnya dari tahun 2017-2019, maka diperoleh 4 sampel perusahaan yaitu ADHI, PTPP, WIKA, dan TOTL.. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan perhitungan manual dengan menggunakan rumus rasio keuangan TATO, ROE, EPS,CR,DER, DPR, dan rumus penilaian harga saham PER dan PBV. Berdasarkan analisis fundamental dan penilaian harga saham bahwa ke 4 perusahaan konstruksi tersebut layak untuk di investasikan. Tetapi perusahaan TOTL menjadi perusahaan paling layak untuk di investasikan, dikarenakan efisiensi perusahaan yang dinilai dari rasio TATO (0,84) dan ROE (22,82%) berhasil memperoleh angka paling tinggi dari perusahaan lainnya serta kinerja perusahaan yang dinilai dari rasio EPS selalu mengalami kenaikan selama 3 tahun. Selain itu perusahaan TOTL merupakan perusahaan yang paling royal dalam membagikan dividen kepada pemegang sahamnya selama 3 tahun dengan nilai DPR sebesar 61,43% serta memiliki harga saham yang masi murah dengan nilai PER dibawah 15x. nilai PBV harga saham yang tinggi menggambarkan bahwa kepercayaan investor terhadap prosfek perusahaan sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi dan Pajak (JAP) diterbitkan dua kali setahun (Januari dan Juli) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi - AAS ...