Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pembelajaran jarak jauh: Media Daring untuk Anak Usia Dini di masa pandemi Covid-19

Dedeh Kurniasih (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Sri Wulan (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Hapidin Hapidin (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Pandemi covid-19 membatasi ruang gerak dan interaksi manusia. Mengharuskan kegiatan dilakukan secara daring, termasuk dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang bagaimana pembelajaran jarak jauh secara daring yang dilakukan pada anak usia dini di masa pandemic covid-19 dan memperkaya literatur media pembelajaran jarak jauh melalui daring pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan instrumen utama penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan menggunakan format tabel literatur review. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur pembelajaran jarak jauh melalui daring dapat dilakukan pada anak usia dini. Sumber belajar atau media yang dapat digunakan untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama pembelajaran jarak jauh  secara daring pada anak usia dini adalah dengan menggunakan video, pemutaran film, aplikasi multimedia interaktif serta game edukatif. Serta penting bagi guru untuk mengedukasi anak dan orang tua tentang literasi teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi dapat memberikan efek positive dalam proses pembelajaran. Peranan orang tua untuk mendampingi anak selama proses pembelajaran juga sangat menentukan terciptanya proses pembelajaran yang bermakna dan tercapainya tujuan pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...