Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Increase Students’ Self-Confidence and Reduce Anxiety During Covid-19: Is Coping Strategy Becomes the Solution?

Bustanol Arifin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang)
Setiya Yunus Saputra (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang)
Abdurrohman Muzakki (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang)
Edi Setiawan (Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Suryakancana)
Hasanuddin Jumareng (Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek strategi coping terhadap peningkatan rasa percaya diri dan penurunan kecemasan. Penelitian ini mengadopsi metode campuran. Tujuh puluh siswa diambil dari sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen kuantitatif untuk mengukur kepercayaan diri dan kecemasan serta wawancara melalui Zoom Meetings sebagai instrumen kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan IBM SPSS untuk mencari statistik deskriptif, normalitas dan paired sample t-test berfungsi untuk mengetahui perbedaan nilai kepercayaan diri dan kecemasan sebelum dan sesudah intervensi dan analisis data kualitatif melalui pengurutan data berdasarkan kategorisasi berdasarkan kesamaan dan kumpulan frasa serupa dikelompokkan. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa strategi coping efektif dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan. Sedangkan hasil kualitatif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyatakan rasa percaya diri meningkat dan kecemasan menurun drastis. Penelitian ini menjadi bukti empiris bahwa strategi coping berdampak besar untuk meningkatkan rasa percaya diri, serta menurunkan tingkat kecemasan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...