Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam

Siti Guspita Wati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia)
Ayu Mustika Sari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia)
Agus Saputra (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia)
Estuhono Estuhono (Pendidikan Fisika, Universitas Dharmas Indonesia)
Lika Apreasta (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia)
Rahmadani Rahmadani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Materi pembelajaran dengan tema gejala alam menjadi problem guru karena materi yang disampaikan bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video pembelajaran sentra, serta menghasilkan media video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (RD). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kuesioner. Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa uji validitas oleh 3 orang expert dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dikategorikan sangat praktis, sedangkan efektifitas dilakukan oleh 7 orang anak dengan kategori efektif dan 2 orang anak dengan kategori tidak efektif. Media video pembelajaran dapat dijadikan sebagai bentuk alternatif bagi guru dalam penggunaan media belajar. Media video pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Selain itu, media video pembelajaran yang dikembangkan didesain secara menarik dan menyenangkan supaya anak mudah mengingat materi pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...