Moneter : Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 9, No 1 (2022): Periode April 2022

Brand Equity pada Mobil Toyota di Indonesia

Kartika Yuliantari (Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika)
Nurhidayati Nurhidayati (Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika)
Sugiyah Sugiyah (Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Peranan brand equity pada perusahaan berguna karena dengan brand equty yang tinggi, akan memiliki market share yang tinggi pula. Dengan demikian, perusahaan mobil Toyota perlu untuk mengetahui kondisi brand equity produknya melalui riset terhadap elemen-elemen brand equity Tujuan penulisan melalui elemen ekuitas merek memudahkan perusahaan mobil Toyota untuk menentukan langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Metode penelitian yang digunakan pada analisis  brand awareness adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, Analisis Brand association metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk kesan kualitas dilakukan dengan analisis diskriptif dan untuk Brand Loyalty menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data primer berupa kuesioner sejumlah 100 orang pemakai mobil Toyota melalui google form. Hasil dari penelitian adalah dilihat dari Brand Awareness maka mobil Toyota merupakan brand mobil yang berhasil meraih puncak top of mind, berdasarkan brand association mobil Toyota adalah produk mobil dengan inovasi desain dan teknologi yang tinggi; merupakan merek mobil terkenal; mobil yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki kredebilitasnya tinggi;  memiliki popularitas yang lebih baik dibandingkan merek lain; memiliki performa yang sangat tinggi; memiliki kualitas kecepatan yang sangat tinggi; memiliki karakteristik yang lebih baik dibandingkan dengan mobil merek lain. Hasil analisis perceived quality mobil Toyota dengan metode performence-importance secara individu untuk perceived quality sudah dinilai baik karena tingkat importance lebih tinggi nilainya daripada tingkat performancenya, menunjukkan perceived quality harapan responden terhadap minuman mobil Toyota telah melebihi tingkat kepentingan atribut itu sendiri, Brand Loyalty mobil Toyota cukup baik, meskipun pada tingkat liking the brand terlihat mengecil, hal ini merupakan masalah yang harus dipecahkan melalui peningkatan loyalitas merek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

moneter

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Moneter yang telah terindex oleh Google Scholar dengan p-ISSN: 2355-2700, e-ISSN: 2550-0139, dterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika. Artikel telah melalui proses review oleh reviewer yang mempunyai kompetensi dibidangnya masing-masing. ...