Jurnal Komputasi
Vol 10, No 1 (2022)

Implementation of Learning Management System based on Moodle Ruang Belajar for Optimizing Online Learning

Siti Qomariah (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Muhammad Nasir (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Rahmadani Rahmadani (Balai Diklat Kepegawaian Banjarmasin, Kementerian Agama Republik Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia menimbulkan dampak di segala bidang salah satunya pendidikan, dimana pola pembelajaran tatap muka berubah menjadi pola pembelajaran daring dan sekarang menjadi pembelajaran campuran dimana pemebelajaran dilakukan secara tatap mukan dan juga secara virtual. Penelitian ini betujuan adalah menghasilkan pengembangan LMS sebagai media pembelajaran daring mengunakan plaform moodle dengan metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.  Untuk instrument penelitian adlah kuisioner dengan respondenn adalah dosen dan mahasiswa.  Untuk pengujian aplikasi Ruang Belajar digunakan pengujian blackbox.  Hasil penelitian menunjukan bahwa media pemebelajara ruang belajar dibangun dengan mengunkan software moodle, dengan server local adalah XAMMP.  Pada pengujian  blackbox  sistem kerja berjalan dengan baik, komponen mau fungsi juga berjalan dengan baik dapat disimpulkan bahwa LMS ruang belajar sangat setuju "digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan pengujian beta testing dengan instrument penelitian didapakan hasil berupa 89%  media pembelajaran dinilai sangat setuju terhadap aplikasi ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Lingkup dan fokus jurnal berkaitan dengan tema-tema computer science, information technology, information system, software engineering, data mining, artificial intelligence, networking, multimedia, database, dan operating ...