Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi
Vol 6 No 1 (2022): Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi

PENGARUH PERBEDAAN LABA AKUNTANSI DAN LABA FISKAL (BOOK-TAX DIFFERENCE) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2014 – 2017)

Raja Ade Fitrasari Mochtar (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRACT This study aims to examine the effect of permanent differences and temporary differences on earnings growth, the second difference arises from the existence of differences in accounting earnings and fiscal earnings (book-tax difference). The population used in this study is food and beverage companies listed on the IDX in 2014 – 2017. The sample was determined using purposive sampling method and obtained a sample of 11 companies with a total of 44 observations. The type of data used in this study is secondary data obtained from the site www.idx.co.id. Data analysis was done by multiple regression analysis using SPSS program version 25.The results showed that in testing the first hypothesis permanent differences did not affect the earnings growth of food and beverage companies listed on the IDX in 2014 – 2017. And the results of testing the second hypothesis show that the temporary difference does not affect the earnings growth of the food and beverage companies listed on the IDX in 2014 – 2017. Furthermore, the results of testing the third hypothesis also show that permanent differences and temporary differences together do not affect the earnings growth of food and beverage companies listed on the IDX in 2014 - 2017. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari perbedaan permanen dan perbedaan temporer terhadap pertumbuhan laba, yang kedua perbedaan tersebut muncul dari adaanya perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal (book-tax difference). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI pada tahun 2014 – 2017. Sampel ditentukan mengunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan dengan total 44 observasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id. Analisa data dilakukan dengan regresi berganda menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis pertama perbedaan permanen tidak berpengaruh terahadap pertumbuhan laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014 – 2017. Dan hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa perbedaan temporer tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan makanan dan minuman ynag teradftar di BEI tahun 2014 – 2017. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis ketiga juga menunjukkan bahwa perbedaan permanen dan perbedaan temporer secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftra di BEI tahun 2014 – 2017.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BILANCIA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi (p-ISSN: 2549-5704 ; e-ISSN: 2685-5607) yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Indonesia Pekanbaru mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi serta penelitian – penelitian lain yang terkait seperti akuntansi, perpajakan, ...