Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 1 (2022)

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA KELAS XI MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING

Yuni Erviyanti (MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya)
Kaharuddin Arafah (Universitas Negeri Makassar)
Anis Nur (SMA Negeri 9 Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar pada pokok bahasan Elastisitas zat padat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya aktivitas peserta didik selama guru mengajar karena proses pembelajaran hanya berfokus pada guru. Pembelajaran Fisika dirasa tidak bermakna sehingga peserta didik pasif saat pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 6 MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya yang berjumlah 27 peserta didik perempuan. Langkah-langkah yang diterapkan dalam penelitian ini antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni dengan merekam kejadian selama pembelajaran serta lembar observasi oleh observer selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Penelitian dianggap berhasil jika lebih dari 70 % peserta didik terlibat dalam aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa pada siklus pertama aktivitas peserta didik masih belum mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu pada tindakan siklus dua peneliti merefleksi dengan cara lebih menekankan pentingnya solusi dari masalah yang disajikan serta menjelaskan secara detail komponen-komponen pada langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus kedua didapatkan hasil bahwa keterlibatan aktivitas peserta didik sebanyak lebih dari 70% sehingga dapat dikatakan mencapai keberhasilan.

Copyrights © 2022