Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI APLIKASI RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PINRANG

Ainun Hastri Z (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muh Tawil (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang dengan menerapkan aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang sebelum dan setelah menggunakan aplikasi rumah belajar Kemendikbud. Jenis Penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Desain penelitian adalah One Group Pretest-Postest Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang dipilih dengan Teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas VIII.1 30 orang; kelas VIII.2 31 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian pretest dan posttest. Data analisis melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis disimpulkan: (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang dengan menerpakan aplikasi Rumah Belajar Kemendikbud tergolong kategori sedang. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pinrang setelah menggunakan aplikasi rumah belajar Kemendikbud

Copyrights © 2022