Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik SMPN 12 Bintan melalui penerapan model problem based learning pada topik sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yaitu dengan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 12 orang (3 laki-laki dan 9 perempuan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan pada siklus I 66,7%, pada siklus II 75% dan pada siklus III 75% sedangkan persentase keaktifan peserta didik pada siklus I adalah 36,54% , pada siklus II 63,34% dan siklus III 66,6%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Copyrights © 2022