Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 1 (2022)

HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP TELKOM

Muhammad Yushan (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar IPA peserta didik, dan 2) hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada pembelajaran daring kelas VIII SMP Telkom Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitan survei dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 224 peserta didik. Pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah sampel 81 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket sebanyak 30 item pernyataan untuk kemandirian belajar dan 40 item pernyataan untuk motivasi belajar, dan hasil belajar yang diperoleh dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian dan motivasi belajar dalam kategori sedang sedangkan UTS dan UAS berada pada kategori cukup. Hubungan antara kemandirian dan hasil belajar UTS dan UAS tingkat hubungannya rendah, hubungan motivasi dan hasil belajar UTS dan UAS tingkat hubungannya sangat rendah dan hubungan kemandirian dan motivasi belajar tingkat hubungannya sedang. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA UTS sebesar 0,285 tingkat hubungannya rendah dan UAS sebesar 0,258 tingkat hubungannya rendah pada pembelajaran daring.

Copyrights © 2022