Tujuan dari penulisan artikel ini yakni mengkaji aspek sosial Geografi dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Aspek sosial yang akan dibahas meliputi Geografi penduduk, Geografi ekonomi, Geografi permukiman, Geografi kebudayaan, dan Geografi politik. Pembelajaran aspek sosial dalam mata pelajaran Geografi bertujuan membentuk pola pikir, cara bersikap dan perilaku peserta didik dalam bertanggung jawab sebagai individu maupun warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Data-data yang bersumber dari jurnal, laporan penelitian serta skripsi, dan sumber relevan lainnya diolah kemudian dianalisa. Temuan yang didapat pada penelitian ini bahwa aspek sosial dalam mata pelajaran Geografi di SMA sangat penting untuk dipelajari dengan berlandaskan fenomena atau realita yang ada di kehidupan nyata agar peserta didik dapat lebih memahami terkait penyebab dan solusi dari realita yang ada
Copyrights © 2022