Peranan industri kerajinan yang berbasis kemandirian dan kreativitas memiliki peranan yang sentral dalam menunjang pereknomian masyarakat di Indonesia, terlebih dimasa pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dihentikan penyebarannya sehingga mempengaruhi sektor ekonomi ditingkat menengah sampai bawah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan kembali pemikiran pelaku usaha kerajinan kayu di Desa Boro Kedungwaru Tulungagung, melalui aspek pengembangan produk, dan digitalisasi pemasaran serta pola penyusunan pelaporan keuangan secara digital. Hasil pengabdian yang dilakukan ini memberikan gambaran bahwa diperlukan strategi pembangunan SDM unggul yang dapat mendukung potensi ekonomi digital untuk mendorong pemulihan perekonomian khususnya dalam keragaman produk yang baru, dari meja belajar dikembangkan keberbagai produk seperti tongkat pramuka, rak bunga, lemari mini bergambar, meja mini bergambar, kanvas lukis, papan catur. Strategi proses pemasaran yang dahulu dilakukan secara konvensional, digeser ke arah digitalisasi marketing melalui media-media sosial dan market space dan manajemen usaha di bidang tata kelola keuangan secara digital dan dilakukan secara kontinu dan rutin
Copyrights © 2022