Beras di Indonesia diposisikan sebagai komoditas strategis, baik dari sisi ekonomis maupun sosial politis, karena beras merupakan bahan pangan pokok bagi 95% penduduk Indonesia, menyediakan kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi sekitar 21 juta rumahtangga tani, dan sekitar 30% dari total pengeluaran rumahtangga miskin dialokasikan untuk beras. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah Karawang, salah satunya pada bidang usaha pemasaran beras. Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana untuk menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. UMKM Masyarkat Adat Papua merupakan salah satu pabrik penggilingan padi. Usaha ini ingin memperluas pangsa pasar mereka. Oleh sebab itu strategi pemasaran yang tepat diperlukan dari hasil pemahaman kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman guna memperluas wilayah distribusinya sampai keluar wilayahnya. identifikasi risiko adalah langkah pertama untuk mengetahui masalah pemasaran operasional di industri hilir teh PTPN VIII. Dengan menggunakan Z-Score dan Value at Risk (VAR) Metode, itu akan menunjukkan hasil probabilitas dan dampak pemasaran risiko operasional. Preventif dan strategi mitigasi dapat menangani perusahaan ini untuk pertumbuhan up penjualan diharapkan
Copyrights © 2022