Penelitian bentuk pengabdian kepada masyarakat mandiri, untuk memajukan daerah kabupaten katingan menjadi pusat kota pariwisata buah durian. Strategi pemasaran di bangun berbasis pada kemampuan pelaku usaha dalam mendapatkan peningkatan keuntungan. Sistem pelatihan di berikan secara langsung seperti pemilihan jenis buah, seleksi harga dan pengemasan produk serta inovasi produk dari buah durian sebagai cara usaha terus berkembang tidak harus musiman. Pemilihan tempat desa wisata di kabupaten katingan, khususnya kota kasongan karena adanya bukit pertapaan yang dikenal sebagai tempat suci dan di percaya sebagai tempat doa bagi pengunjung yang datang. Jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan di analisis dengan alat statistik SPSS 24.0. Hasil penelitian bahwa pelatihan strategi pemasaran kepada 30 petani buah durian menunjukkan signifikan positif, yaitu kemampuan dalam inovasi produk dan ketekunan penerapan strategi pemasaran dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian memberikan bukti kepada pemerintah bidang perdagangan dan perindustrian sebagai falisitator mewujudkan kota kasongan menjadi salah satu kabupaten berbasis pariwisata di Kalimantan Tengah.
Copyrights © 2021