MEDIA BINA ILMIAH
Vol 16, No 4: Nopember 2021

PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PETANI BUAH UNTUK MENJADI TUJUAN PARIWISATA DI KATINGAN, KALIMANTAN TENGAH

Peridawaty Peridawaty (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya)
Noorjaya Nahan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya)
Rita Yuanita Toendan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian bentuk pengabdian kepada masyarakat mandiri, untuk memajukan daerah kabupaten katingan menjadi pusat kota pariwisata buah durian. Strategi pemasaran di bangun berbasis pada kemampuan pelaku usaha dalam mendapatkan peningkatan keuntungan. Sistem pelatihan di berikan secara langsung seperti pemilihan jenis buah, seleksi harga dan pengemasan produk serta inovasi produk dari buah durian sebagai cara usaha terus berkembang tidak harus musiman. Pemilihan tempat desa wisata di kabupaten katingan, khususnya kota kasongan karena adanya bukit pertapaan yang dikenal sebagai tempat suci dan di percaya sebagai tempat doa bagi pengunjung yang datang. Jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan di analisis dengan alat statistik SPSS 24.0. Hasil penelitian bahwa pelatihan strategi pemasaran kepada 30 petani buah durian menunjukkan signifikan positif, yaitu kemampuan dalam inovasi produk dan ketekunan penerapan strategi pemasaran dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil penelitian memberikan bukti kepada pemerintah bidang perdagangan dan perindustrian sebagai falisitator mewujudkan kota kasongan menjadi salah satu kabupaten berbasis pariwisata di Kalimantan Tengah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...