JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 6, No 2 (2022)

Faktor Motivasional Niat Beli Konsumen terhadap Makanan Olahan Beku Halal (Halal Frozen Food) di Kota Surakarta

Rizky Primadiani (Unknown)
Rhina Fajarningsih (Unknown)
Nuning Setyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Makanan halal tidak hanya diminati oleh masyarakat muslim namun masyarakat non muslim juga tertarik untuk mengkonsumsi. Makanan olahan beku halal merupakan makanan yang diminati oleh masyarakat kota. Gaya hidup konsumsi makanan olahan beku halal terkhusus masyarakat kota yang memiliki aktifitas padat merupakan peluang bagi produsen untuk semakin mengembangkan usaha. Untuk menangkap peluang tersebut maka produsen perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat beli konsumen terhadap makanan olahan beku halal di Kota Surakarta. Variabel yang diteliti meliputi sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian, sertifikasi halal, kesehatan pemasaran halal dan kualitas halal. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dan survei. Metode pengambilan lokasi dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Teknik pengumpulan data dengan teknik survei dan pencatatan. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian, sertifikasi halal, kesehatan dan pemasaran halal berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk makanan olahan halal di Kota Surakarta dan variabel kualitas halal berpengaruh signifikan terhadap sikap dalam niat beli produk makanan olahan beku halal di Kota Surakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...