AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022

PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBANTU APLIKASI ISPRING SUITE 9 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SEL SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rasna Hengki (Universitas Halu Oleo)
M. Sirih (Universitas Halu Oleo)
Lili Darlian (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi yang layak digunakan pada materi sel di SMA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik di SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Instrumen penelitian berupa lembar isian dengan Skala Thurstone yang digunakan untuk mengetahui nilai kevalidan media pembelajaran berbasis aplikasi dan Skala Likert digunakan untuk mengetahui nilai kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi desain media media pembelajaran berbasis aplikasi oleh ahli media diperoleh rerata 75,60% (kriteria valid). Hasil validasi materi media pembelajaran berbasis aplikasi oleh ahli materi diperoleh rerata 81,31% (kriteria sangat valid). Hasil tanggapan desain media pembelajaran berbasis aplikasi oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 89,21% (kriteria sangat valid) dan 90,10% (kriteria sangat sesuai). Hasil tanggapan materi media pembelajaran berbasis aplikasi oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 89,21% (kategori valid) dan 90,24% (kriteria sangat sesuai). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran belajar di SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...