Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pendampingan orang tua terhadap siswa ketika belajar di rumah sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 217 Kampuno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 217 Kampuno dengan nilai thitung (1,86) lebih besar (>) nilai ttabel (1,68) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pendampingan belajar oleh orang tua akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Jadi, semakin baik pendampingan belajar yang dilakukan orang tua maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa pendampingan belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2022