EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Momentum dan Impuls di SMK

Army Al Islami Ali Putra (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Pendidikan era ini berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari termasuk dalam menyelesaikan soal-soal fisika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls di SMK Modern Ngawi. Dalam proses pembelajaran, siswa harus memiliki kemampuan pemecahan masalah. Dengan kemampuan pemecahan masalah siswa harus mampu menyelesaikan permasalahan, terutama permasalahan dalam mengerjakan soal. Sehingga kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Modern Ngawi dengan subjek sebanyak 100 siswa kelas X. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Indikator yang digunakan pada kemampuan pemecahan masalah tersebut adalah indikator pemahaman masalah, perencanaan strategi, pelaksanaan strategi dan pengecekan kembali. Indikator tersebut digunakan untuk melihat seberapa besar persentase siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi momentum dan impuls. Hasil dan pembahasan penelitian yaitu memahami masalah (65,88%), merencanakan penyelesaian (82,80),  menggunakan atau mengembangkan strategi pemecahan masalah (74,28%), melakukan pengecekan kembali(53,80%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...