EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Respon Mahasiswa dalam Implementasi Kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Edi Kusnadi (Universitas Islam Nusantara)
Nani Nur'aeni (Universitas Islam Nusantara)
Imam Asrofi (Universitas Islam Nusantara)
Rizki Ramadani (Universitas Islam Nusantara)
Kiki Muhammad Lutfi (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Program Kampus Belajar Merdeka (MKBKM) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia merupakan salah satu loncatan baru di bidang pendidikan. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa dalam menjalankan program pembelajaran mandiri di kampus merdeka dalam program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan umum, dengan memperhatikan pelaksanaan program MBKM yang dikoordinir oleh Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Islam Nusantara. Responden yang menyelesaikan polling sebanyak 192 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan reaksi positif terhadap pelaksanaan program Merdeka Belajar di Kampus Merdeka pada program konsentrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...