Journal of Financial Economics & Investment
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Financial Economics & Investment

PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO (STUDI PADA NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA UNIT KESAMBEN KABUPATEN BLITAR)

Devi Vela Maslikhah (University Muhammadiyah Malang)
Idah Zuhroh (Universitas Muhammadiyah Malang)
Syamsul Hadi (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil KUR BRI Kesamben dan mengetahui pengaruh KUR terhadap perkembangan usaha mikro di Dusun Sanan Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer, 21 sampel pengusaha mikro dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor usaha KUR BRI Kesamben meliputi: sektor pertanian, perdagangan, pertambangan, industri pengolahan minyak, gas dan air, jasa pendidikan, dan jasa kesehatan. Dalam analisis SWOT yang terdiri dari Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Untuk dapat menentukan strategi yang akan dijalankan maka BRI memanfaatkan kekuatan serta peluang yang dimiliki. Dengan hasil analisis regresi linear sederhana, KUR berdampak signifikan terhadap kinerja pengusaha mikro yang ditinjau dari aspek asset, omzet penjualan, dan pendapatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jofei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

including financial economics, banking finance, corporate finance, public sector finance, international finance, Islamic finance, financial risk management and analysis, financial accounting and reporting, investment education, investment behavior, public sector investment, private sector ...