Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 2 (2022): JPMI - April 2022

Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo

Emi Suwarni (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)
Maidiana Astuti Handayani (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)
Yusra Fernando (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)
Febrian Eko Saputra (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)
Fitri (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)
Ade Candra (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kegiatan Sistem Pemasaran berbasis E- Commerce merupakan praktik penggunaan promosi untuk meningkatkan traffic ke dalam toko online. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Dimana permasalahan mitra adalah mereka masih kesulitan dalam memasarkan produk nya, kendala ini terjadi karena mereka hanya memasarkan produk batik tulis pada lingkungan terdekat nya saja dan belum memasarkan secara digital karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu Perlunya pelatihan para penduduk khususnya karang taruna desa Balairejo dalam memasarkan produk batik tulis melalui e-commerce, sehinga diharapkan dapat membantu menggunakan pemasaran melalui e-commerce. Pelaksanaan kegiatan PKM ini meliputi pendekatan kualitatif yang meliputi pendekatan minstitusional dan pendekatan partisipatif. Pada pendekatan institusional dilakukan dengan cara berkomunikasi secara langsung perihal kebutuhan yang diperlukan mitra dan masalah masalah yang sedang dihadapi oleh mitra. Di sisi lain, pendekatan partisipatif dilakukan dengan melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian agar tercapainya kebutuhan mitra dengan cara: metode diskusi; pemberian sosialisasi terhadap IPTEK, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan e-commerce untuk produk batik yang akan dibuat oleh karang taruna desa Balairejo. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penerapan pemasaran berbasis e-commerce ini diterima dengan sangat baik oleh para peserta di desa balairejo, dan peserta juga sudah sangat baik dalam menggunakan pemasaran berbasis e-commerce ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...