Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif : Team Assisted Individualization Dan Student Team Achievement Division Terhadap Kognitif Siswa

Zetri Rahmat (Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau)
Nanang Fattah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ika Putera Waspada (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ansharullah Ansharullah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif baik TAI (Team Assisted Individualization) dan STAD (Student Team Achievment Division) terhadap pemahaman konsep siswa di SMAN 1 Kampung Dalam. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Desain penelitian adalah Non-Equivalent Pretest-Posttest Group Design. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 di SMAN 1 Kampung Dalam, dengan jumlah siswa masing-masing 34 dan 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman siswa antara TAI dan STAD. TAI lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan STAD. Implikasi dari pembelajaran adalah pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode tipe TAI dan STAD. Kata kunci : Pemahaman konsep, TAI, STAD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...