Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol. 1 No. 3 (2021): NOVEMBER : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN TAMU DI RESTO BALE BANYU JEPARA

Galuh Aditya (ITB Semarang)
Henry Yuliamir (STIEPARI Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penilitian ini dilakukan pada Resto Bale Banyu Jepara yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu yang mana mengalami kondisi kurang baik meliputi pelayanan yang kurang ramah dan fasilitas yang masih kurang memadai. Data penelitian di peroleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 75 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak resto maupun kepuasan tamu. Data yang di peroleh diolah deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap dependent, uji model, uji hipotesis, dan namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu. Maka hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan. dengan nilai korelasi determinasi adjusted R2 square sebesar 0,601. Hal ini menunjukkan bahwa semua kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi secara nyata terhadap kepuasan tamu secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 60,1%. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatkan kepuasan tamu perlu adanya peningkatan seluruh pelayanan yang kompetitif dan fasilitas yang baik dan nyaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimek

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan (JIMEK), ISSN: 2809-9893 online dan ISSN: 2809-9427 cetak. Jurnal JIMEK diterbitkan Amik Veteran Porwokerto, terbit setahun Tiga kali (Maret, Juli dan November) menerapkan proses peer-review dalam memilih artikel berkualitas berdasarkan penelitian ...