Farmasis: Jurnal Sains Farmasi
Vol 1 No 1 (2020): Farmasis : Jurnal Sains Farmasi

Penurunan Kandungan Logam Berat Zn pada Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) dengan Metode Maserasi Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi)

Intan Ayu Kusuma Pramushinta (Program Studi Farmasi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Ikan Mujair di Desa Kali Tengah Sidoarjo tercemar logam berat, sehingga habitat yang ada mengandung logam berat. Logam berat Zn pada ikan mujair yang hidup di Desa Kali Tengah sebesar 143,7 mg/kg, kadar logam berat tersebut melebihi ambang batas yaitu 0,05 mg/kg. Hasil yang di dapatkan tersebut maka harus menurunkan kadar logam berat pada Ikan Mujair sebelum dikonsumsi oleh manusia. Metode yang dilakukan untuk menurunkan dengan cara maserasi belimbing wuluh. Proses maserasi dengan lama perendaman 60 dan 70 menit dengan variasi prosentasi 0; 50 dan 100 %. Hasil yang di dapatkan pada waktu perendaman 70 menit dengan prosentasi 100% maka konsentrasi logam berat ikan mujair mengalami penurunan sebesar 33,2 mg/kg. Hasil penelitian menujukkan bahwa konsentrasi dan durasi perendaman berpengaruh pada penurunan kadar logam berat Zn berdasarkan masing-masing nilai signifikan uji ANOVA dua arah yaitu (sig<0,05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

farmasis

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Sains Farmasi (FARMASIS) adalah jurnal resmi yang diterbitkan oleh Prodi Farmasi, Fakultas Sains Kesehatan Universitas Adi Buana. Artikel dalam jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara online oleh publik. Farmasis menerima artikel penelitian yang berfokus pada : Biologi farmasi, Kimia ...